Format Jurnal Penilaian Sikap Spiritual (KI-1) dan Sosial (KI-2) Terbaru


Penilaian Sikap dimaksudkan sebagai penilaian perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Penilaian sikap memiliki karakteristik yang berbeda dari penilaian pengetahuan dan keterampilan sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. Dalam hal ini, penilaian sikap lebih lebih ditujukan untuk membina perilaku dalam rangka pembentukan karakter peserta didik.

Dalam hal penilaian sikap spiritual (KI-1) dan sosial (KI-2) ini, tentunya rekan Bapak/Ibu guru haruslah melakukan observasi (pengamatan) secara langsung terhadap peserta didik selama di sekolah. Untuk membantu Bapak/Ibu dalam mengobservasi sikap peserta didik, maka perlu dibantu dengan instrumen jurnal penilaian sikap tersebut.

Terkait instrumen jurnal penilaian sikap spiritual dan sosial kurikulum 2013 terdapat revisi pada format yang terdahulu dengan penekanan pada aspek PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Revisi yang nampak format instrumen penilaian sikap tersebut sebagai berikut :
  1. Sikap Spiritual (KI-1) terdiri dari nilai karakter utamanya "Religiusitas dan Integritas"
  2. Sikap Sosial (KI-2) terdiri dari nilai karakter utamanya "Nasionalisme, Kemandirian, Gotong Royong, dan Integritas
  3. Butir Sikap diganti dengan "Karakter Operasional" 
  4. Penambahan kolom "Hasil
Bagi Bapak/Ibu yang menginginkan format jurnal penilaian sikap tersebut, dapat mengunduhnya langsung pada tautan link di akhir postingan ini.

Catatan :
Jurnal ditulis hanya untuk peserta didik yang memiliki sikap menonjol baik bersikap positif atau negatif berdasarkan aspek yang ada. Peserta didik mendapat deskripsi "sangat", apabila  guru menemukan/mencatat minimal 3 kali pada aspek yang sama.

Link unduhan Jurnal Sikap Terbaru :   (Klik Disini)



Comments

Postingan Populer

Cetak Kartu NUPTK Manual

Cetak Kartu NRG Manual

Cetak Kartu NISN Manual

Aplikasi Cetak Kartu NRG