Aplikasi e-RKAS v1.26

Perencanaan program BOS meliputi dua kegiatan utama yang dilakukan oleh Kepala Sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitu mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan menyusun Rencana Anggaran Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Dalam mengidentifikasi kebutuhan sekolah, Kepala Sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah perlu menentukan kondisi sekolah saat ini. Salah satunya dengan melakukan evaluasi diri. Dengan melakukan evaluasi diri akan menunjukkan kinerja sekolah misalnya, bagian yang mengalami perbaikan atau peningkatan, bagian yang tetap, dan bagian yang mengalami penurunan. Hal ini penting dilakukan karena dana BOS merupakan sumber utama bagi sekolah untuk memenuhi biaya penyelenggaraan sekolah, dan kebijakan pemerintah mengharuskan BOS menjadi sarana penting untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan dasar yang bermutu. Setelah mengidentifikasi kebutuhan sekolah sesuai hasil evaluasi diri yang dilakukan oleh sekolah, maka Kepala Sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah dapat menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah. 

Dalam penyusunan RKAS, Kepala Sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana. Sangat dimungkinkan suatu program dibiayai dengan subsidi silang dari berbagai pos atau sumber dana. Program-program yang memerlukan bantuan dari pusat harus dialokasikan sumber dana dari pusat dengan sharing dari sekolah dan komite sekolah atau bahkan daerah. Misalnya untuk pembangunan ruang komputer, laboratorium baru, gedung perpustakaan, dan sebagainya. Sedangkan yang berupa program rehab besar dana lebih diprioritaskan dari provinsi. Untuk program yang lebih operasional bisa dari dana blockgrant atau lainnya yang bersifat lebih luwes. Mengingat begitu pentingnya dalam melakukan manajemen keuangan sekolah terutama dana BOS dari pemerintah, maka diperlukan suatu sistem yang mampu melakukan pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan, Sistem tersebut adalah RKAS.

Aplikasi RKAS merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengawasan atau pengendalian. Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik. Capaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiap report yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan pemerintah.

Untuk mengatur dan membantu satuan pendidikan dalam perencanaan program dan pelaksanaannya secara transparan dan akuntabel, khususnya dalam menyusun RKAS, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengembangkan Aplikasi e-RKAS. Aplikasi tersebut sudah beberapa kali mengalami pembaruan. Adapun versi terbaru dari aplikasi tersebut yaitu Aplikasi e-RKAS versi 1.26 yang telah dirilis pada tanggal 01 April 2019.

Berkaitan dengan hal yang sudah kita dibahas di atas, bagi Bapak/Ibu Bendahara BOS yang menginginkan aplikasi tersebut beserta buku panduannya dapat mengunduhnya secara gratis melalui link yang telah kami sediakan pada bagian akhir postingan ini. Adapun tata cara instalasi atau pemasangan aplikasi e-RKAS versi 1.26, sebagai berikut:
  1. Download aplikasinya di laman http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ atau pada link yang telah kami sediakan;
  2. Setelah di download, buka explorer kemudian cari file software RKAS sesuai dengan alamat direktori ketika download;
  3. Klik dua kali pada file Setup-RKAS-1.26, kemudian Klik Yes atau Ya untuk melanjutkan proses instalasi. Perhatikan gambar berikut;
  4. Ceklis Create a dekstop shortcut (jika diperlukan), kemudian klik Next dan Install. Perhatikan gambar berikut;
  5. Tunggu hingga proses instalasi selesai, kemudian klik Finish;
  6. Berikutnya secara otomatis aplikasi e-RKAS akan terbuka.
Aplikasi e-RKAS memiliki fitur auto update, sehingga jika ada versi yang terbaru dan menemukan koneksi internet, maka akan secara otomatis terupdate ke versi yang terbaru. Pada proses update ini biasanya aplikasi, ketika dijalankan akan terasa lambat. Hal ini dikarenakan ada proses download terlebih dahulu. Tunggu hingga splash screen hilang dan masuk ke aplikasi e-RKAS. Ketika sudah masuk ke dalam aplikasi, untuk pertama kali kita akan diminta melakukan aktivasi. Pada form aktivasi ini sekolah bisa memperolehnya dari dinas pendidikan sekolah tersebut.

Form Aktivasi akan muncul ketika pertama kali aplikasi diinstall, tujuannya adalah agar aplikasi tidak sembarangan digunakan dan harus ada penanggungjawab aplikasi. Pada tahapan ini diwajibkan terkoneksi dengan internet, karena data aktivasi ini akan dicocokkan dengan data di dinas pendidikan. Berikut penjelasan masing-masing kolom inputan:
  1. Kode Aktivasi (wajib diisi) : kolom ini diisi dengan kode registrasi sekolah kita yang sudah diajukan ke dinas pendidikan. Kode ini setiap sekolah berbeda-beda. Untuk itu mintalah kode registrasi ke dinas pendidikan terkait;
  2. Nama (wajib diisi): kolom ini diisi oleh nama operator sekolah;
  3. Email (wajib diisi): kolom email ini wajib diisi karena alamat email ini akan digunakan untuk login ke dalam aplikasi. Alamat email ini tidak boleh sama satu dengan yang lainnya. Supaya lebih aman, gunakanlah email sekolah, sehingga ketika terjadi pergantian pegawai atau operator tidak harus mengganti alamat emailnya;
  4. No Handphone : kolom ini diisi dengan nomor handphone operator atau boleh dengan nomor telepon sekolah;
  5. Password (wajib diisi) : kolom ini harap diisi sebaik mungkin karena akan digunakan ketika login. Password harus kombinasi angka, huruf kecil, kapital supaya tidak mudah diketahui;
  6. Ulangi Password (wajib diisi): kolom ini untuk memastikan bahwa password kita sudah benar;
  7. Indikator terhubung ke server atau tidak. (wajib terhubung internet);
  8. Tombol Registrasi : tombol ini digunakan untuk mengirim data ke dinas pendidikan. Tombol ini akan aktif jika terhubung dengan internet, dan akan disable jika tidak terhubung dengan internet.
Hasilnya seperti gambar berikut :


Kemudian klik tombol Registrasi


Selesai

Demikian postingan kami kali ini. Silakan tinggalkan kritik atau saran di kolom komentar dan share aplikasi ini agar blog kami dapat berkembang. Akhir kata "Semoga apa yang kita lakukan hari ini, bermanfaat bagi kita semua". Selamat mencoba.

Satu Nusa Satu Bangsa 
Satu Bahasa Satu Data
Salam Kopi Pahit!!

Link Unduhan Aplikasi e-RKAS versi 1.26     : (Klik Disini)
Link Unduhan Manual Book E-KAS Sekolah  : (Klik Disini)


Comments

Postingan Populer

Cetak Kartu NUPTK Manual

Cetak Kartu NRG Manual

Cetak Kartu NISN Manual

Aplikasi Cetak Kartu NRG

Format Jurnal Penilaian Sikap Spiritual (KI-1) dan Sosial (KI-2) Terbaru