Buku Siswa PJOK SD Kurikulum 2013

Saat ini kita semua sudah mengetahui bahwa muatan pelajaran PJOK terpisah dari buku tematik
terpadu kurikulum 2013, khususnya pada jenjang SD. Mengapa muatan pelajaran PJOK harus diajarkan dengan buku terpisah. Alasan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. PJOK memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. 
  2. Objek kajian PJOK berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui mengobservasi dan mencontoh, kemudian melatihkannya secara berulang, tentunya dengan tidak mengabaikan pengembangan kecakapan 4C (Critical, Creative, Colaboratif, Dan Communication).
  3. Kebermaknaan pembelajaran PJOK di SD/MI salah satunya dapat ditingkatkan melalui pembelajaran PJOK dalam konteks dunia nyata siswa, hal ini salah satunya dapat dilakukan melalui pembelajaran tematik.
  4. Kebermaknaan pembelajaran merupakan energi bagi peningkatan motivasi belajar siswa. Namun ketika dikaitkan dengan tema, terdapat beberapa materi pembelajaran PJOK yang memiliki keterbatasan dalam mengakomodir struktur dan konten PJOK secara utuh. Oleh karena itu, tidak semua materi yang berkaitan dengan KD dapat diakomodir secara cukup oleh buku tematik.
  5. Pembelajaran PJOK banyak dilakukan dengan gerakan anggota tubuh yang harus dimulai dengan pemanasan terlebih dahulu, sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama.
  6. Banyak gerakan-gerakan dalam pembelajaran PJOK yang tidak dipahami sepenuhnya oleh guru kelas, sehingga dapat mengakibatkan cedera bagi siswa. 
  7. Pada umumnya pembelajaran PJOK mengakibatkan siswa berkeringat, sehingga mengganggu proses pembelajaran lain bila terintegrasi.
  8. Untuk memberdayakan keberadaan guru mata pelajaran PJOK yang tersedia hampir di semua SD.
Berdasarkan alasan-alasan tersebut maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menetapkan buku teks pelajaran yang layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk mata pelajaran Matematika dan PJOK yang disajikan secara terpisah dari Buku Tematik Terpadu.

Berkaitan dengan terpisahnya muatan pelajaran PJOK dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Kali ini kami menyediakan link unduhan Buku PJOK SD Revisi 2017 secara gratis pada akhir postingan ini. Buku tersebut dapat Bapak/Ibu pergunakan sebagai buku pedamping dalam mengajarkan materi muatan PJOK selama pembelajaran di dalam maupun di luar kelas.

Demikian postingan kami kali ini. Akhir kata "Semoga apa yang kita lakukan hari ini, bermanfaat bagi kita semua". Terima kasih.

Satu Nusa Satu Bangsa Satu Data
Salam Kopi Pahit !!

Link Unduhan Buku Siswa PJOK SD Kelas I Kurikulum 2013 Revisi 2017    :  (Klik Disini)
Link Unduhan Buku Siswa PJOK SD Kelas II Kurikulum 2013 Revisi 2017  :  (Belum Tersedia)
Link Unduhan Buku Siswa PJOK SD Kelas III Kurikulum 2013 Revisi 2017 : (Belum Tersedia)
Link Unduhan Buku Siswa PJOK SD Kelas IV Kurikulum 2013 Revisi 2017 : (Belum Tersedia)
Link Unduhan Buku Siswa PJOK SD Kelas V Kurikulum 2013 Revisi 2017  : (Belum Tersedia)
Link Unduhan Buku Siswa PJOK SD Kelas VI Kurikulum 2013 Revisi 2017 : (Belum Tersedia)







Comments

Postingan Populer

Cetak Kartu NUPTK Manual

Cetak Kartu NRG Manual

Cetak Kartu NISN Manual

Aplikasi Cetak Kartu NRG

Format Jurnal Penilaian Sikap Spiritual (KI-1) dan Sosial (KI-2) Terbaru