Tata Cara Penulisan dan Klasifikasi Kode Surat Dinas Sekolah

Assalamu'alaikum Wr Wb. 
Hallo, apa kabar Sahabat Kehati? Bagaimana kabarnya kalian? Tentunya kalian selalu dalam keadaan sehat wal 'afiat. Kali ini kita akan membahas sedikit masalah mengenai Tata Cara Penulisan dan Klasifikasi Kode Surat Dinas. Mungkin bagi Bapak/ Ibu Kepala Sekolah, Pengelola Tata Usaha Sekolah maupun Sahabat OPS tidak asing lagi dengan istilah Surat Dinas. Ya betul sekali, surat dinas adalah surat resmi yang dibuat oleh sebuah instansi atau sebuah lembaga yang digunakan untuk keperluan kedinasan. Dalam surat dinas berisi tentang keperluan kerja yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah maupun instansi swasta. Contoh surat dinas yang sering kita buat, misalnya Surat Keputusan, Surat Keterangan, Surat Tugas, Surat Rekomendasi, dan lain sebagainya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa penulisan nomor surat merupakan salah satu bagian dari arsip. Hal ini mengacu pada Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Nomor 2 Tahun 2014 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas. Penulisan nomor surat yang benar yang sampai saat ini masih mengacu pada Permendagri Nomor 78 Tahun 2012 dan Perkanri Nomor 2 Tahun 2014. 

Pada umumnya permasalahan yang sering terjadi adalah ketidaktahuan kode klasifikasi surat dinas dan cara penulisannya. Untuk kode klasifikasi surat dinas di Lingkungan Dinas Pendidikan dapat kita temukan dalam Permendagri Nomor 78 Tahun 2012 tentang Tata Kearsipan di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Perhatikan penulisan naskah surat dinas pada gambar berikut:


Penjelasan gambar :


Untuk lebih mudahnya penulisan naskah surat dinas yang sesuai dengan Perkanri Nomor 2 Tahun 2014 dapat dilihat pada gambar berikut:


Demikian penjelasan singkat mengenai tata cara penulisan naskah surat dinas. Bagi Bapak/ Ibu Kepala Sekolah, Pengelola Tata Usaha Sekolah maupun Sahabat OPS yang menginginkan file  Permendagri Nomor 78 Tahun 2012 dan Perkanri Nomor 2 Tahun 2014 beserta lampirannya dapat mengunduhnya pada link yang sudah kami sediakan pada bagian akhir postingan ini. Akhir kata "Semoga apa yang kita lakukan hari ini, bermanfaat bagi kita semua".

Satu Nusa Satu Bangsa
Satu Bahasa Satu Data
Salam Kopi Pahit!!

Link Unduhan Permendagri Nomor 78 Tahun 2012                                          : (Klik Disini)
Link Unduhan Lampiran Permendagri Nomor 78 Tahun 2012                        : (Klik Disini)
Link Unduhan Perkanri Nomor 2 Tahun 2014                                                    : (Klik Disini)
Link Unduhan Kode Klasifikasi Surat Dinas Lingkungan Dinas Pendidikan  : (Klik Disini)


Comments

Postingan Populer

Cetak Kartu NUPTK Manual

Cetak Kartu NRG Manual

Cetak Kartu NISN Manual

Aplikasi Cetak Kartu NRG

Format Jurnal Penilaian Sikap Spiritual (KI-1) dan Sosial (KI-2) Terbaru